pH Air
Indonesian English French German Portuguese Spanish

pH Air

Air merupakan salah satu faktor penting dalam penyemprotan pestisida. Untuk melarutkan pestisida harus digunakan air bersih. Air kotor yang berasal dari sungai atau selokan tidak terjamin mutunya, karena mungkin mengandung logam berat yang akan bereaksi dengan bahan aktif pestisida, yang akan menyebabkan efikasi pestisida tersebut menurun. Selain itu, air kotor mungkin juga sudah tercemar oleh patogen penyakit yang akan membahayakan bagi tanaman yang dibudidayakan.

Pada umumnya pestisida bersifat asam. Pada kondisi basa akan terjadi hidrolisis yang akan menyebabkan waktu paruh pestisida menurun. Waktu paruh pestisida ialah periode sejak terjadinya deposit pestisida sampai hanya setengah (50%) deposit tersebut yang tersisa sebagai residu. Selain itu, pH air berpengaruh pula terhadap umur larutan semprot.

Umur larutan semprot ialah periode sejak pembuatan larutan semprot sampai larutan semprot tersebut diaplikasikan. Jika pH air 3,5-6 umur larutan semprot 12 jam, sedangkan jika pH air 6,1-7 umur larutan semprot hanya 2 jam. Dengan demikian, pH air yang diperlukan untuk membuat larutan semprot adalah pada kisaran 4,5 -5. Oleh karena itu jika pH air lebih besar dari 5, maka harus diturunkan menggunakan Asam Nitrat (HNO3) atau larutan penurun pH lainnya. Di pasaran larutan menurun pH dikenal dengan nama dagang Biosof.

Tiga hal Penting Yang Perlu diketahui dalam Teknik Penyemprotan Pestisida:
Keberhasilan penyemprotan pestisida terkait erat dengan teknik atau cara penyemprotan yang dilakukan. Teknik penyemprotan pestisida mencakup tiga hal penting, yaitu : (1) kecepatan berjalan, (2) arah dan jarak spuyer pada bidang sasaran, dan (3) arah ayunan tangkai spuyer.

1. Kecepatan berjalan

Salah satu faktor yang harus diperhatikan dalam penyemprotan pestisida adalah kecepatan berjalan petugas penyemprotan. Kecepatan berjalan petugas penyemprotan untuk mendapatkan hasil yang baik adalah sekitar 6 km/jam. Jika kecepatan berjalan kurang dari 6 km/jam, maka volume semprot yang digunakan akan boros dan jika kecepatan berjalan lebih dari 6 km/jam, maka hasil penyemprotan tidak rata.

2. Arah dan jarak spuyer pada bidang sasaran

OPT pada umumnya berada di permukaan daun bagian bawah. Oleh karena itu nozzle atau spuyer hendaknya diarahkan menghadap ke atas dengan sudut kemiringan 45o. Jarak spuyer dengan bidang sasaran atau tanaman sejauh ± 30 cm. Jika jarak antara spuyer dengan tanaman kurang dari 30 cm akan dihasilkan ukuran butiran semprot yang besar, akibatnya larutan semprot akan menetes ke tanah. Jika jarak spuyer dan tanaman lebih dari 30 cm butiran semprot tidak

3. Arah ayunan tangkai semprot.

Tiap jenis spuyer akan menghasilkan pola semprotan tertentu. Spuyer jenis hollow cone akan menghasilkan pola semprotan berbentuk lingkaran dengan lubang kosong ditengah, sedangkan spuyer flat akan membentuk pola semprotan berbentuk persegi penuh (lihat gambar). Untuk menghasilkan hasil butiran semprot yang merata pada tanaman, maka arah ayunan tangkai semprot penggunaan kedua spuyer tersebut berbeda.

Spuyer jenis hollow cone banyak digunakan oleh petani di Indonesia, baik yang mempunyai satu lubang, 2 lubang atau lebih. Untuk menghasilkan butiran semprot yang merata pada bidang sasaran/ tanaman, tangkai semprot diayun secara melingkar. Sedangkan jika menggunakan spuyer flat tangkai semprot diayun ke depan dan belakang.

 

Head Office

Jalan Martadinata 254A, Jebres,
Surakarta, Jawa Tengah.
57121 - Indonesia.
 
Telepon / fax.: +62-271-2932485
Email : fertilegrow@gmail.com
                           cs@bmm-id.com
                         www.bmmid.com

BMM CARE

Tingkatkan Produksi Pertanian dengan Metode Yang Tepat, Hemat Biaya & Berlimpah hasil.

Produk-produk BMM Group Indonesia sangat aman dan cocok digunakan hampir untuk semua tanaman dan tidak membuat tanah menjadi rusak serta tidak mengandung residu dan berdampak resistensi terhadap hama dan penyakit, gunakan sesuai dengan petunjuk dan anjuran penggunaan. jika terjadi keracunan segera lakukan pertolongan pertama pada kecelakaan dan segera hubungi dokter terdekat untuk mendapat perawatan intensif. Gunakan peralatan keselamatan dalam melakukan aplikasi dengan produk-produk BMM Group.

KESELAMATAN KERJA adalah HAL UTAMA bagi kami.

Live Support

+628128566300  (WA CENTER)